Ulil-albab disebut enambelas kali dalam Al-Qur’an. Menurut Al-Qur’an, ulul albab adalah kelompok manusia tertentu yang diberi keistimewaan oleh Allah SWT. Di antara keistimewaannya ialah mereka diberi hikmah, kebijaksanaan, dan pengetahuan, disamping pengetahuan yang diperoleh mereka secara empiris :“ Allah memberikan hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barang siapa yang diberi hikmah, sungguh telah diberi kebajikan yang banyak. Dan tak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali ulul-albab.” ( QS. Al Baqoroh : 269 )
Orang yang pintar atau berpengetahuan adalah orang-orang yang:
Karakteristik Ulul Albab :
1. Selalu mambekali diri dengan takwa
(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barang siapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.( QS. 2 : 197 )
2. Mampu mengambil hikmah/pelajaran dari firman-firman Allah
Allah menganugrahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Qur'an dan As Sunnah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa yang dianugrahi al hikmah itu, ia benar-benar telah dianugrahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).( QS. 2 : 269 )
3. Selalu mencermati fenomena
Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa Sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, Maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi Kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, Kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.( QS. 39 : 21 )
4. Mampu memadukan kekuatan akal dan qalbu
190. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka.( QS. 3 : 190 – 191 )
5. Sangat yakin akan adanya kehidupan akhirat, karena itu selalu mohon perlindungan pada Nya
192. Ya Tuhan kami, Sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, Maka sungguh Telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun.
193. Ya Tuhan kami, Sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu", Maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti.
194. Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang Telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul Engkau. dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji."( QS. 3 : 192 – 194 )
6. Mampu memisahkan yang baik dan yang buruk walau yang buruk amat menarik
Katakanlah: "Tidak sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, Maka bertakwalah kepada Allah Hai orang-orang berakal, agar kamu mendapat keberuntungan."( QS. 5 : 100 )
7. Mampu mengambil pelajaran dari perjalanan hidup dirinya atau orang lain
Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.( QS. 12 : 111 )
8. Rajin shalat malam
(apakah kamu Hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.( QS. 39 : 9 )
9. Kritis dalam menilai suatu pemikiran
Yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya. mereka Itulah orang-orang yang Telah diberi Allah petunjuk dan mereka Itulah orang-orang yang mempunyai akal.( QS. 39 : 18 )
10. Menjadikan Al Qur’an sebgai kitab suci pencerahan
(Al Quran) Ini adalah penjelasan yang Sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya dia adalah Tuhan yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.( QS. 14 : 52 )
Membaca Alam Semesta
Alam semesta dapat menyediakan segala sesuatu yang kita butuhkan asalkan kita dapat membuka diri terhadapnya. ~James Redfield~
Memandang dan Membaca alam semesta yang begitu luas, menimbulkan berbagai decak kagum yang luar biasa. Rasulullah Muhammad saw, tersungkur dalam sujud dengan linangan air mata penuhi rasa takjub tatkala mendengar ayat penciptaan semesta, “Sesunggunya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal (ulul albab)” (QS. Ali Imran [3]:190). Sampai-sampai Rasul pun bersabda, “celakalah orang yang membaca ayat ini hanya semata membaca, dengan tidak memperhatikan kandungan didalamnya.” seperti yang dikisahkan ibnu Mardawaih melalui atha’ juga Aisyah ra, dalam tafsir ibnu katsir.
Subhanallah. Rasulullah Muhammad saw, dengan begitu sempurna menajamkan olah rasanya untuk mengingat (dzikir) pada Tuhan dan analisinya yang begitu akurat dalam memaksimalkan daya pikirnya untuk memikirkan keagungan alam semesta. Maka tak salah kalau Michael H. Hart menjadikan sosok Muhammad saw, sebagai tokoh paling berpengaruh dalam sejarah di antara seratus tokoh berpengaruh, yang mencapai kesuksesan puncak pada level religius dan sekuler.
Membaca Alam semesta dengan seksama akan membukakan ketakjuban yang luar biasa atas berbagai keajaiban fenomena semesta raya. Alam semesta adalah sebuah buku besar yang siap untuk di baca. Ia menyajikan berbagai “bahan” yang siap di olah dan di bentuk menjadi sebuah racikan berharga bagi siapa saja yang mau dan mampu menggunakan “akal” dan pengetahuannya.
Beberapa ilmuwan yang menjadikan alam semesta sebagai salah satu bahan bacaan telah melahirkan kesuksesan yang luar biasa, diantaranya tokoh ilmuwan Barat seperti, Newton seorang tokoh revolusioner sains modern, Einstein sebagai tokoh ilmuwan besar dengan teori relativitasnya, Stephen W. Hawking sebagai tokoh tersohor di dunia yang masih hidup hingga sekarang dengan teori of everything nya, atau tokoh Muslim seperti, Al Biruni sebagai peletak dasar sains modern, Jabir Ibn hayyan sebagai bapak Kimia Modern, Ibn Sina sebagai perintis dunia kedokteran, Al Khawarijmi perintis Al Jabar dan Logaritma, Althusi sebagai konseptor observatorium dll.
Mereka semua adalah sebagian kecil dari orang-orang sukses di dunia yang menjadikan alam semesta sebagai salah satu buku bacaan dalam mengisi perjalanan hidupnya. Mereka semua adalah orang-orang sukses yang telah melahirkan konsep-konsep, teori-teori dengan hasil temuan dan eksperimennya dalam analisis daya pikirnya untuk selalu memikirkan keagungan alam semesta. Tak hanya berhenti sampai disitu, bagi kita bagaimana alam semesta ini sebagai sebuah buku bacaan yang terhampar luas mampu memberikan ruang untuk menjadikan kita sukses tak hanya di dunia tapi juga di akhirat karena kita adalah orang-orang yang berakal [ulul albab], seperti dipesankan oleh Rasulullah Muhammad saw di atas, “celakalah orang yang membaca ayat ini (QS. Ali Imran [3]:190) hanya semata membaca, dengan tidak memperhatikan kandungan didalamnya”.
Prof Dr. Quraish Shihab memaknai Ulul Albab sebagai orang-orang yang memiliki akal yang murni. Kata Al Albab adalah bentuk jamak dari Lubb yaitu saripati sesuatu. Kacang, misalnya memiliki kulit menutupi isinya. Isi kacang dinamai lubb. Ulul Albab adalah orang-orang yang memiliki akal yang murni, yang tidak diselubungi oleh “kulit”, yakni kabut ide, yang dapat melahirkan kerancuan berpikir. Yang merenungkan tentang fenomena alam raya akan dapat sampai kepada bukti yang nyata tentang keesaan dan kekuasaan Allah swt.
Siapakah sesungguhnya yang disebut dengan orang-orang berakal (ulul Albab)? Tuhan menjawab dalam firmanNya: “(yaitu) orang-orang yang berdzikir (mengingat) Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka” (Ali Imran [3]:191).
Berdzikir; memurnikan kebeningan hati
Dalam Islam, seluruh amal ada batas-batasnya. Misalnya amalan puasa, kita hanya diwajibkan untuk menjalankannya pada bulan ramadhan saja. Demikian pula amalan haji, kita dibatasi waktu untuk melakukannya. Menurut Imam Al Ghazali, hanya ada satu amalan yang tidak dibatasi yaitu dzikir. Dalam Al Quran dikatakan, “Berdzikirlah kamu kepada Allah dengan dzikir yang sebanyak-banyaknya” (QS. Al Ahzab [33] : 41).
Dalam amalan-amalan lain selain dzikir yang diutamakan adalah kualitasnya, bukan kuantitasnya. Yang penting baik tidaknya amal, bukan banyak tidaknya amal itu. Kata sifat untuk amal adalah ‘amalan shaliha bukan amalan katsira. Tapi khusus untuk zikir, Al Quran memakai kata sifat Dzikran Katsira, bukan Dzikran Shaliha. Betapapun jelek kualitas dzikir kita, kita dianjurkan untuk berdzikir sebanyak-banyaknya. Karena dzikir harus kita lakukan sebanyak-banyaknya, maka tidak ada batasan waktu untuk berdzikir. Oleh karena itu, ciri pertama yang mengaku dirinya ulul albab senantiasa berdzikir di setiap keadaan baik ketika berdiri, duduk atau dalam keadan berbaring.
Perhatikan, kalimat “berdzikir sebanyak-banyaknya” menunjukan bahwa seseorang harus mengingat Tuhan secara berulang-ulang. Bagaimana Tuhan mengajarkan kita cara luar biasa dalam membangun kalimat positif secara berulang-ulang sehingga pengulangan kata dzikir ini mampu menembus alam bawah sadar kita. Pengulangan kata positif itulah yang disebut afirmasi, yang akhir-akhir ini merebah di kalangan hypnoterapi yang disebut dengan self-hypnosis. Self-hypnosis ini sebagai salah satu cara membangun keyakinan diri (self-belief) dan kekuatan mental seseorang hingga mencapai kesuksesan sesuai dengan yang diafirmasikannya.
Maka dzikir pada level yang lebih tinggi adalah salah satu cara afirmasi dalam membentuk kekuatan jiwa serta kebeningan hati. Karena pada dasarnya hati setiap manusia itu bening, lalu tugas kita adalah bagaimana mengembalikan kebeningan hati kita setelah sekian lama berbagai pikiran, perasaan dan tindakan negatif mengotorinya. Maka dzikir yang banyak adalah salah satu jawabannya.
Seperti halnya air bening dalam gelas yang terkena setetes tinta hitam, maka berubah pula warna air itu menjadi hitam. Untuk mengambalikan air yang terkena tinta itu menjadi bening kembali maka dibutuhkan air bening baru yang lebih banyak untuk dicampurkan. Sekali lagi, untuk menghilangkan satu tetes tinta hitam saja dibutuhkan air bening baru yang begitu banyak. Hal ini berarti untuk mengeluarkan atau menghapus satu noktah hitam [dosa atau kesalahan] di dada ini dibutuhkan dzikir sebanyak-banyaknya, hingga noktah itu hilang dan menjadikan hati tetap bening kembali.
Kondisi Air yang bening atau hati bening seperti ini yang oleh Prof. Quraish Shihab disebut dengan kondisi Ikhlas. Menurutnya ikhlas adalah mengeluarkan sesuatu dari sesuatu yang bukan esensinya. Air itu adalah hati kita. Air atau hati itulah esensi, tinta hitam sesuatu yang bukan esensi, sementara dzikir adalah tindakan yang mampu mengeluarkan pengotor dari beningnya hati itu sendiri. Kebeningan hati inilah yang kelak menyingkapkan kemampuan membaca berbagai aktivitas kita dengan mata hati dari cahaya Ilahi yang terang. Bahkan ketika kita sedang mencari anugerah Allah, bekerja mencari nafkah, kita tak boleh meninggalkan dzikir, sehingga seluruh aktivitas kita mendatangkan kesuksesan atau keberuntungan. Apabila Telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan berdzikirlah kepada Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung (Al Jumuah [62]:10).
Begitu penting dan bernilainya dzikir untuk dilakukan, menjadikan orang yang tidak berdzikir dikategorikan sebagai orang munafik. “dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali” (An Nisa [4]:142). Jadi, salah satu ciri orang munafik itu adalah orang yang sedikit berdzikir.
Dalam praktiknya, dzikir seperti apa yang dapat dilakukan dalam mengiringi dan tanpa mesti menghentikan seluruh aktivitas keseharian kita? Sederhananya, dzikir bisa diklasifikasikan berdasarkan apa yang kita baca. Menurut Abu Atha’ Al Sukandari, dzikir dapat dikelompokan menjadi dzikir yang berisi pujian kepada Allah swt., misalnya subhanallah (maha suci Allah), Al Hamdulillah (Segala Puji Bagi Allah), Laaa ilaha Illallah Huwa Allahu Akbar (tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Agung), tapi ada juga dzikir yang berisi doa kepada Allah swt. Misalnya, rabbana atiina fi dunnya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina adzaba an naar. Dzikir pun bisa berisi percakapan perasaaan kita kepada Allah. Dzikir seperti itu disebut Munajat. Orang yang sudah mencapai maqam tertentu, selalu berdzikir dengan bermunajat.
Kalau kita perhatikan secara seksama, tak hanya manusia, seluruh alam semesta berdzikir kepada Allah dengan cara tasbihnya mereka yang tak pernah kita pahami. Sesungguhnya alam semesta mengajarkan kepada manusia agar selalu ingat kepada Allah. Spirit dzikir inilah yang diajarkan Tuhan melalui alam semesta kepada manusia. Sebagaimana firmannya; “Maha suci dan Maha tinggi Dia dari apa yang mereka katakan dengan ketinggian yang sebesar-besarnya. Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada satupun melainkan bertasbih dengan memujiNya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun” (Al Israa [17] :44).
Spirit dzikir diatas tidak lain adalah kekuatan spiritual atau kekuatan jiwa yang diajarkan Tuhan kepada kepada seluruh makhluk terlebih manusia agar selalu menyerrtakannya dalam seluruh rangkaian aktivitas kehidupan kita di dunia, dalam bekerja, belajar, membaca dan merenungkan alam semesta ini sehingga mendatangkan keberuntungan dan kesuksesan di dunia maupun akhirat.
Karena sesungguhnya, di luar kecerdasan otak, sikap mental yang baik dan kekuatan motivasi, faktor yang sangat berperan dalam membangkitkan kehebatanmu adalah kejernihan spiritual. Bila sedang shalat, Ali bin Abi Thalib tidak lagi merasakan beratnya segala kesusahan dunia. Ketika menantu Nabi saw., ini terkena anak panah, ia mendirikan shalat dan minta agar anak panah itu dicabut pada saat ia sedang khusyuk dalam shalatnya. Benarlah anak panah itu disabut dan Ali Bin Abi Thalib seperti tidak merasakan sakit sama sekali. Kisah ini menggambarkan pada kita bahwa kondisi Ruhani kita berpengaruh sangat besar terhadap ketajaman otak, kekuatan fisik, dan kecemerlangan pikiran kita. Seperti halnya seorang penulis fiksi, menulis fiksi hanya dengan mengandalkan kekuatan imajinasi, akan menyerap energy yang lebih besar, butuh ketenangan untuk menuangkannya, dan meminta daya tahan yang cukup tinggi.
Ketajaman dan kejernihan spiritual (ruhiyah) kita berpengaruh terhadap kuat tidaknya pemikiran kita atas apa yang dibaca. Untuk menelurkan proses berpikir kreatif yang utuh, kekuatan spiritual sangat mempengaruhinya. Imam Bukhori setelah melakukan penelitian secara seksama, mendalam dan ekstra teliti, mengharuskan dirinya melakukan shalat istikharah setiap akan menuliskan satu hadits. Bila Allah memberi petunjuk bahwa hadis itu sebaiknya di tulis, barulah Imam Bukhori menuangkannya dalam tulisan. Begitulah setiap hendak menuliskan satu hadits, ia selalu melakukan shalat istikharah. Hasilnya Shahih Bukhori menjadi kitab yang insya Allah paling berkah dan sampai hari ini menjadi rujukan yang paling dipercaya.
Imam Malik yang terkenal dengan kitab Muwaththa nya, memiliki kisah lain. Bila orang datang hendak meminta fatwa, Imam Malik bisa segera keluar untuk menemui. Tetapi, bila ada yang datang hendak belajar hadits, Imam Malik memerlukan diri untuk mandi terlebih dahulu. Hadits merupakan perkataan yang agung sehingga Imam Malik memerlukan diri untuk menyucikan jiwa sebelum menyampaikan.
Apa yang dilakukan Imam Bukhari dan Imam Malik adalah gambaran bagi kita bahwa sebelum melakukan aktivitas, menghadirkan kejernihan spiritual dengan selalu mengingat (berdzikir) kepada yang Maha suci, menjadi langkah awal dalam menemukan dahsyatnya hati dalam menghasilkan kekuatan ‘membaca’ yang mengalir dengan deras dan semangat menggebu menghadang penghalang yang ada.
Orang yang pintar atau berpengetahuan adalah orang-orang yang:
- Bisa melihat alam dan berbagai fenomenanya untuk bekal kehidupannya. Dengannya ia mampu berfikir dan berdzikir untuk mengagungkan Allah,
- Orang yang hatinya senantiasa di isi dengan hal-hal yang mampu membuat ia takut kepada Allah,
- Orang yang lidahnya senantiasa basah dengan Istighfar kepada Allah, dan
- Orang yang mempunyai prinsip bahwa dunia ini adalah fana atau sementara dan pasti akan hancur adanya.
Karakteristik Ulul Albab :
1. Selalu mambekali diri dengan takwa
(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barang siapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.( QS. 2 : 197 )
2. Mampu mengambil hikmah/pelajaran dari firman-firman Allah
Allah menganugrahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Qur'an dan As Sunnah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa yang dianugrahi al hikmah itu, ia benar-benar telah dianugrahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).( QS. 2 : 269 )
3. Selalu mencermati fenomena
Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa Sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, Maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi Kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, Kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.( QS. 39 : 21 )
4. Mampu memadukan kekuatan akal dan qalbu
190. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka.( QS. 3 : 190 – 191 )
5. Sangat yakin akan adanya kehidupan akhirat, karena itu selalu mohon perlindungan pada Nya
192. Ya Tuhan kami, Sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, Maka sungguh Telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun.
193. Ya Tuhan kami, Sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu", Maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti.
194. Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang Telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul Engkau. dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji."( QS. 3 : 192 – 194 )
6. Mampu memisahkan yang baik dan yang buruk walau yang buruk amat menarik
Katakanlah: "Tidak sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, Maka bertakwalah kepada Allah Hai orang-orang berakal, agar kamu mendapat keberuntungan."( QS. 5 : 100 )
7. Mampu mengambil pelajaran dari perjalanan hidup dirinya atau orang lain
Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.( QS. 12 : 111 )
8. Rajin shalat malam
(apakah kamu Hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.( QS. 39 : 9 )
9. Kritis dalam menilai suatu pemikiran
Yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya. mereka Itulah orang-orang yang Telah diberi Allah petunjuk dan mereka Itulah orang-orang yang mempunyai akal.( QS. 39 : 18 )
10. Menjadikan Al Qur’an sebgai kitab suci pencerahan
(Al Quran) Ini adalah penjelasan yang Sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya dia adalah Tuhan yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.( QS. 14 : 52 )
Membaca Alam Semesta
Alam semesta dapat menyediakan segala sesuatu yang kita butuhkan asalkan kita dapat membuka diri terhadapnya. ~James Redfield~
Memandang dan Membaca alam semesta yang begitu luas, menimbulkan berbagai decak kagum yang luar biasa. Rasulullah Muhammad saw, tersungkur dalam sujud dengan linangan air mata penuhi rasa takjub tatkala mendengar ayat penciptaan semesta, “Sesunggunya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal (ulul albab)” (QS. Ali Imran [3]:190). Sampai-sampai Rasul pun bersabda, “celakalah orang yang membaca ayat ini hanya semata membaca, dengan tidak memperhatikan kandungan didalamnya.” seperti yang dikisahkan ibnu Mardawaih melalui atha’ juga Aisyah ra, dalam tafsir ibnu katsir.
Subhanallah. Rasulullah Muhammad saw, dengan begitu sempurna menajamkan olah rasanya untuk mengingat (dzikir) pada Tuhan dan analisinya yang begitu akurat dalam memaksimalkan daya pikirnya untuk memikirkan keagungan alam semesta. Maka tak salah kalau Michael H. Hart menjadikan sosok Muhammad saw, sebagai tokoh paling berpengaruh dalam sejarah di antara seratus tokoh berpengaruh, yang mencapai kesuksesan puncak pada level religius dan sekuler.
Membaca Alam semesta dengan seksama akan membukakan ketakjuban yang luar biasa atas berbagai keajaiban fenomena semesta raya. Alam semesta adalah sebuah buku besar yang siap untuk di baca. Ia menyajikan berbagai “bahan” yang siap di olah dan di bentuk menjadi sebuah racikan berharga bagi siapa saja yang mau dan mampu menggunakan “akal” dan pengetahuannya.
Beberapa ilmuwan yang menjadikan alam semesta sebagai salah satu bahan bacaan telah melahirkan kesuksesan yang luar biasa, diantaranya tokoh ilmuwan Barat seperti, Newton seorang tokoh revolusioner sains modern, Einstein sebagai tokoh ilmuwan besar dengan teori relativitasnya, Stephen W. Hawking sebagai tokoh tersohor di dunia yang masih hidup hingga sekarang dengan teori of everything nya, atau tokoh Muslim seperti, Al Biruni sebagai peletak dasar sains modern, Jabir Ibn hayyan sebagai bapak Kimia Modern, Ibn Sina sebagai perintis dunia kedokteran, Al Khawarijmi perintis Al Jabar dan Logaritma, Althusi sebagai konseptor observatorium dll.
Mereka semua adalah sebagian kecil dari orang-orang sukses di dunia yang menjadikan alam semesta sebagai salah satu buku bacaan dalam mengisi perjalanan hidupnya. Mereka semua adalah orang-orang sukses yang telah melahirkan konsep-konsep, teori-teori dengan hasil temuan dan eksperimennya dalam analisis daya pikirnya untuk selalu memikirkan keagungan alam semesta. Tak hanya berhenti sampai disitu, bagi kita bagaimana alam semesta ini sebagai sebuah buku bacaan yang terhampar luas mampu memberikan ruang untuk menjadikan kita sukses tak hanya di dunia tapi juga di akhirat karena kita adalah orang-orang yang berakal [ulul albab], seperti dipesankan oleh Rasulullah Muhammad saw di atas, “celakalah orang yang membaca ayat ini (QS. Ali Imran [3]:190) hanya semata membaca, dengan tidak memperhatikan kandungan didalamnya”.
Prof Dr. Quraish Shihab memaknai Ulul Albab sebagai orang-orang yang memiliki akal yang murni. Kata Al Albab adalah bentuk jamak dari Lubb yaitu saripati sesuatu. Kacang, misalnya memiliki kulit menutupi isinya. Isi kacang dinamai lubb. Ulul Albab adalah orang-orang yang memiliki akal yang murni, yang tidak diselubungi oleh “kulit”, yakni kabut ide, yang dapat melahirkan kerancuan berpikir. Yang merenungkan tentang fenomena alam raya akan dapat sampai kepada bukti yang nyata tentang keesaan dan kekuasaan Allah swt.
Siapakah sesungguhnya yang disebut dengan orang-orang berakal (ulul Albab)? Tuhan menjawab dalam firmanNya: “(yaitu) orang-orang yang berdzikir (mengingat) Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka” (Ali Imran [3]:191).
Berdzikir; memurnikan kebeningan hati
Dalam Islam, seluruh amal ada batas-batasnya. Misalnya amalan puasa, kita hanya diwajibkan untuk menjalankannya pada bulan ramadhan saja. Demikian pula amalan haji, kita dibatasi waktu untuk melakukannya. Menurut Imam Al Ghazali, hanya ada satu amalan yang tidak dibatasi yaitu dzikir. Dalam Al Quran dikatakan, “Berdzikirlah kamu kepada Allah dengan dzikir yang sebanyak-banyaknya” (QS. Al Ahzab [33] : 41).
Dalam amalan-amalan lain selain dzikir yang diutamakan adalah kualitasnya, bukan kuantitasnya. Yang penting baik tidaknya amal, bukan banyak tidaknya amal itu. Kata sifat untuk amal adalah ‘amalan shaliha bukan amalan katsira. Tapi khusus untuk zikir, Al Quran memakai kata sifat Dzikran Katsira, bukan Dzikran Shaliha. Betapapun jelek kualitas dzikir kita, kita dianjurkan untuk berdzikir sebanyak-banyaknya. Karena dzikir harus kita lakukan sebanyak-banyaknya, maka tidak ada batasan waktu untuk berdzikir. Oleh karena itu, ciri pertama yang mengaku dirinya ulul albab senantiasa berdzikir di setiap keadaan baik ketika berdiri, duduk atau dalam keadan berbaring.
Perhatikan, kalimat “berdzikir sebanyak-banyaknya” menunjukan bahwa seseorang harus mengingat Tuhan secara berulang-ulang. Bagaimana Tuhan mengajarkan kita cara luar biasa dalam membangun kalimat positif secara berulang-ulang sehingga pengulangan kata dzikir ini mampu menembus alam bawah sadar kita. Pengulangan kata positif itulah yang disebut afirmasi, yang akhir-akhir ini merebah di kalangan hypnoterapi yang disebut dengan self-hypnosis. Self-hypnosis ini sebagai salah satu cara membangun keyakinan diri (self-belief) dan kekuatan mental seseorang hingga mencapai kesuksesan sesuai dengan yang diafirmasikannya.
Maka dzikir pada level yang lebih tinggi adalah salah satu cara afirmasi dalam membentuk kekuatan jiwa serta kebeningan hati. Karena pada dasarnya hati setiap manusia itu bening, lalu tugas kita adalah bagaimana mengembalikan kebeningan hati kita setelah sekian lama berbagai pikiran, perasaan dan tindakan negatif mengotorinya. Maka dzikir yang banyak adalah salah satu jawabannya.
Seperti halnya air bening dalam gelas yang terkena setetes tinta hitam, maka berubah pula warna air itu menjadi hitam. Untuk mengambalikan air yang terkena tinta itu menjadi bening kembali maka dibutuhkan air bening baru yang lebih banyak untuk dicampurkan. Sekali lagi, untuk menghilangkan satu tetes tinta hitam saja dibutuhkan air bening baru yang begitu banyak. Hal ini berarti untuk mengeluarkan atau menghapus satu noktah hitam [dosa atau kesalahan] di dada ini dibutuhkan dzikir sebanyak-banyaknya, hingga noktah itu hilang dan menjadikan hati tetap bening kembali.
Kondisi Air yang bening atau hati bening seperti ini yang oleh Prof. Quraish Shihab disebut dengan kondisi Ikhlas. Menurutnya ikhlas adalah mengeluarkan sesuatu dari sesuatu yang bukan esensinya. Air itu adalah hati kita. Air atau hati itulah esensi, tinta hitam sesuatu yang bukan esensi, sementara dzikir adalah tindakan yang mampu mengeluarkan pengotor dari beningnya hati itu sendiri. Kebeningan hati inilah yang kelak menyingkapkan kemampuan membaca berbagai aktivitas kita dengan mata hati dari cahaya Ilahi yang terang. Bahkan ketika kita sedang mencari anugerah Allah, bekerja mencari nafkah, kita tak boleh meninggalkan dzikir, sehingga seluruh aktivitas kita mendatangkan kesuksesan atau keberuntungan. Apabila Telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan berdzikirlah kepada Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung (Al Jumuah [62]:10).
Begitu penting dan bernilainya dzikir untuk dilakukan, menjadikan orang yang tidak berdzikir dikategorikan sebagai orang munafik. “dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali” (An Nisa [4]:142). Jadi, salah satu ciri orang munafik itu adalah orang yang sedikit berdzikir.
Dalam praktiknya, dzikir seperti apa yang dapat dilakukan dalam mengiringi dan tanpa mesti menghentikan seluruh aktivitas keseharian kita? Sederhananya, dzikir bisa diklasifikasikan berdasarkan apa yang kita baca. Menurut Abu Atha’ Al Sukandari, dzikir dapat dikelompokan menjadi dzikir yang berisi pujian kepada Allah swt., misalnya subhanallah (maha suci Allah), Al Hamdulillah (Segala Puji Bagi Allah), Laaa ilaha Illallah Huwa Allahu Akbar (tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Agung), tapi ada juga dzikir yang berisi doa kepada Allah swt. Misalnya, rabbana atiina fi dunnya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina adzaba an naar. Dzikir pun bisa berisi percakapan perasaaan kita kepada Allah. Dzikir seperti itu disebut Munajat. Orang yang sudah mencapai maqam tertentu, selalu berdzikir dengan bermunajat.
Kalau kita perhatikan secara seksama, tak hanya manusia, seluruh alam semesta berdzikir kepada Allah dengan cara tasbihnya mereka yang tak pernah kita pahami. Sesungguhnya alam semesta mengajarkan kepada manusia agar selalu ingat kepada Allah. Spirit dzikir inilah yang diajarkan Tuhan melalui alam semesta kepada manusia. Sebagaimana firmannya; “Maha suci dan Maha tinggi Dia dari apa yang mereka katakan dengan ketinggian yang sebesar-besarnya. Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada satupun melainkan bertasbih dengan memujiNya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun” (Al Israa [17] :44).
Spirit dzikir diatas tidak lain adalah kekuatan spiritual atau kekuatan jiwa yang diajarkan Tuhan kepada kepada seluruh makhluk terlebih manusia agar selalu menyerrtakannya dalam seluruh rangkaian aktivitas kehidupan kita di dunia, dalam bekerja, belajar, membaca dan merenungkan alam semesta ini sehingga mendatangkan keberuntungan dan kesuksesan di dunia maupun akhirat.
Karena sesungguhnya, di luar kecerdasan otak, sikap mental yang baik dan kekuatan motivasi, faktor yang sangat berperan dalam membangkitkan kehebatanmu adalah kejernihan spiritual. Bila sedang shalat, Ali bin Abi Thalib tidak lagi merasakan beratnya segala kesusahan dunia. Ketika menantu Nabi saw., ini terkena anak panah, ia mendirikan shalat dan minta agar anak panah itu dicabut pada saat ia sedang khusyuk dalam shalatnya. Benarlah anak panah itu disabut dan Ali Bin Abi Thalib seperti tidak merasakan sakit sama sekali. Kisah ini menggambarkan pada kita bahwa kondisi Ruhani kita berpengaruh sangat besar terhadap ketajaman otak, kekuatan fisik, dan kecemerlangan pikiran kita. Seperti halnya seorang penulis fiksi, menulis fiksi hanya dengan mengandalkan kekuatan imajinasi, akan menyerap energy yang lebih besar, butuh ketenangan untuk menuangkannya, dan meminta daya tahan yang cukup tinggi.
Ketajaman dan kejernihan spiritual (ruhiyah) kita berpengaruh terhadap kuat tidaknya pemikiran kita atas apa yang dibaca. Untuk menelurkan proses berpikir kreatif yang utuh, kekuatan spiritual sangat mempengaruhinya. Imam Bukhori setelah melakukan penelitian secara seksama, mendalam dan ekstra teliti, mengharuskan dirinya melakukan shalat istikharah setiap akan menuliskan satu hadits. Bila Allah memberi petunjuk bahwa hadis itu sebaiknya di tulis, barulah Imam Bukhori menuangkannya dalam tulisan. Begitulah setiap hendak menuliskan satu hadits, ia selalu melakukan shalat istikharah. Hasilnya Shahih Bukhori menjadi kitab yang insya Allah paling berkah dan sampai hari ini menjadi rujukan yang paling dipercaya.
Imam Malik yang terkenal dengan kitab Muwaththa nya, memiliki kisah lain. Bila orang datang hendak meminta fatwa, Imam Malik bisa segera keluar untuk menemui. Tetapi, bila ada yang datang hendak belajar hadits, Imam Malik memerlukan diri untuk mandi terlebih dahulu. Hadits merupakan perkataan yang agung sehingga Imam Malik memerlukan diri untuk menyucikan jiwa sebelum menyampaikan.
Apa yang dilakukan Imam Bukhari dan Imam Malik adalah gambaran bagi kita bahwa sebelum melakukan aktivitas, menghadirkan kejernihan spiritual dengan selalu mengingat (berdzikir) kepada yang Maha suci, menjadi langkah awal dalam menemukan dahsyatnya hati dalam menghasilkan kekuatan ‘membaca’ yang mengalir dengan deras dan semangat menggebu menghadang penghalang yang ada.
Labels:
Khalifah Bumi
Thanks for reading Ulil Albab, Membaca Alam Semesta. Please share...!
0 Comment for "Ulil Albab, Membaca Alam Semesta"